Tiket KA Prameks Sering Habis? Ini Alternatif Kereta Rute Yogyakarta-Solo-Kutoarjo

KA Prameks - www.solopos.com
KA Prameks - www.solopos.com

Yogyakarta – Sejak dioperasikan beberapa waktu lalu, (KA) Prambanan Ekspress alias KA Prameks ternyata memperoleh sambutan hangat dari masyarakat. Terbukti dari tingkat keterisiannya yang selalu penuh pada momen-momen tertentu. Sayangnya, KA Prameks tak bisa disambung rangkaiannya karena merupakan kereta rel diesel (KRD).

“Kendati demikian kami juga tidak bisa menambah rangkaian lagi, karena menurut aturan PSO nya memang demikian. Tetapi kami juga menyediakan kereta lain dan bisa menjadi alternatif bagi para dengan relasi Jogja, Solo maupun Kutoarjo,” ujar Senior Manager Daop 6, Kristina Oktaviani, Rabu (24/1), seperti dilansir Solopos.

KA Prameks memiliki banyak peminat lantaran tiketnya dipatok cukup , hanya Rp 8.000 saja untuk sekali perjalanan. Sementara itu, untuk kereta api alternatif yang dapat digunakan pada akhir pekan adalah KA Sidomukti. Karena termasuk KA komersial, tarif KA Sidomukti terpaut sedikit lebih mahal, yaitu Rp 20.000.

Ada pula sejumlah kereta antar kota yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan relasi Yogyakarta-Solo dan sebaliknya. “Misalnya, kereta api Argolawu. Biasanya ada beberapa kursi yang kosong untuk tujuan dari Jogja ke Solo, ini bisa dimanfaatkan juga oleh penumpang. Biasanya kami sediakan tiket ini secara go show dan memang tarifnya lebih mahal sekitar Rp 40.000 sampai Rp 60.000 tergantung kelasnya,” beber Nana.

Pada bulan Februari depan PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga turut berpartisipasi dalam acara Solo Great Sale. Dalam event tersebut akan ada khusus untuk penumpang kereta api jarak jauh tujuan Solo. “Tidak berlaku untuk kereta jarak dekat, seperti KA ,” ungkap Juru bicara PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta, Eko Budiyanto.

Diskon 20% berlaku untuk keberangkatan kereta pada hari Senin, Selasa, Rabu tanggal 5, 6, 7, 12, 13, 20, 21, 26, 17, dan 28 Februari. Sementara itu diskon 10% hanya berlaku pada Kamis tanggal 1, 8, dan 22 Februari 2018. Tiket kereta yang didiskon antara lain KA Argowilis, Argolawu, Argo Dwipangga, Gajayana, Bima, Turangga, Bangunkarta, Lodaya, Malabar, Sancaka, Malioboro Ekspres, Ranggajati, Mutiara Selatan. Selain itu, KA Senja Utama Solo, Majapahit, Jakatingkir, Singasari, dan Joglokerto.