Tiket Kereta Api Kini Hanya Bisa Dipesan Maksimal H-30 Keberangkatan

Tiket Kereta Api - news.detik.com
Tiket Kereta Api - news.detik.com

– PT Api Indonesia (KAI) rupanya saat ini sedang membenahi kereta. Oleh sebab itu, untuk sementara pemesanan hanya dilayani untuk sampai H-30. Pengumuman tentang perubahan mekanisme pemesanan ini disampaikan melalui akun Instagram resmi .

“#SahabatKAI, Railmin mau minta maaf dulu nih sebelumnya, karena terkait perubahan pada sistem penjualan tiket di tempat Railmin, maka penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Menengah pada hari ini (1 Juli 2019) sementara hanya dilayani untuk keberangkatan H-30. Nanti jika pembenahan di sistem penjualan tiketnya sudah selesai, akan Railmin infokan kembali ya ke #SahabatKAI, Sekali lagi, Railmin mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” kata akun Instagram @KAI121.

Saat dikonfirmasi, Vice President Public Relations PT KAI, Edy Kuswoyo pun membenarkan tentang perubahan sistem yang berpengaruh terhadap sistem pemesanan tiket kereta tersebut. “Betul, ini berlaku untuk semua saluran penjualan KAI,” beber Edy, Selasa (9/7), seperti dilansir Kompas.

Sayangnya Edy belum dapat memastikan sampai kapan perubahan pada sistem penjualan tiket ini akan berlaku. Meski demikian, Edy juga menuturkan jika para calon tetap dapat membeli tiket kereta api secara go show atau langsung di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan. Seperti diketahui, sebelum adanya perubahan sistem seperti saat ini, PT KAI memungkinkan calon untuk memesan tiket kereta di seluruh saluran penjualan resmi PT KAI hingga maksimal H-90 atau 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

Sebelumnya juga sempat heboh di linimasa Twitter bahwa banyak pengguna kereta api yang kesulitan untuk memesan tiket kereta jarak jauh untuk keberangkatan bulan Agustus 2019. Pihak KAI pun sudah menjelaskan bahwa kini sedang dilakukan penyesuaian sistem penjualan tiket. Dengan demikian, apabila calon penumpang ingin tiket KA untuk keberangkatan tanggal 2 Agustus 2019, maka tiket baru bisa dipesan di seluruh channel penjualan KAI tanggal 3 Juli 2019 mulai pukul 00.00 WIB, begitu pula seterusnya.