Tiket Kereta Api Promo HUT KAI Rp 28.000 Habis Terjual

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto

Solo – Lagi-lagi murah yang ditawarkan PT Indonesia (KAI) laris terjual. Pada hari pertama, tiket KA seharga Rp 28945 telah ludes terjual dalam hitungan jam.

Salah seorang calon KA bernama Agus mengaku jika dari hari Sabtu (24/9) pukul 00.00 WIB ia telah siap-siap untuk membeli tiket dengan bermodal laptop untuk membuka resmi PT KAI dan handphone untuk mengakses aplikasi KAI Access. Kemudian pada pukul 00.05 WIB ia telah memperoleh kode booking tiket KA dari Solo ke Jakarta, namun belum memperoleh kode bayar. Sayangnya setelah itu server down dan sulit diakses.

Agus mengatakan, pada jam 03.15 WIB booking ticket baru bisa beroperasi. Tetapi tiket KA eksekutif sudah habis terjual, sehingga ia beralih memesan tiket komersial, KA Jaka Tingkir. Agus sampai melakukan pemesanan lewat 2 sarana sekaligus untuk berjaga-jaga jika salah satunya sulit untuk diakses.

“Pemesanan cepat lewat KAI Access karena data sudah ada sehingga tinggal next menu tapi kalau lewat website harus isi data diri. Saat server down sempat menghubungi call center 121 sebanyak lima kali tapi tidak di angkat,” katanya.

Corporate Communication Manager PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto menuturkan, tiket promo memang selalu diburu oleh masyarakat. “Peminat tiket KA promo sangat tinggi, tidak sedikit yang sebelumnya tidak ada rencana pergi kemudian membeli tiket KA promo. Apalagi promo kali ini bisa digunakan untuk pergi dan pulang karena pelaksanaan tiga hari, yakni Selasa-Kamis (27-29 September 2016),” paparnya.

Sementara itu, kereta api tujuan jarak jauh, yaitu Malang-Jakarta, Malang-Bandung, dan Malang-Yogyakarta juga terpantau habis pada pukul 07.30 WIB, Sabtu (24/9). “Tadi pagi saya cek sekitar jam 7 lebih itu sudah habis,” kata Kepala Malang, Suprapto.

Rupanya yang banyak membeli tiket promo HUT ke-71 KAI ini adalah kalangan mahasiswa. “Ternyata kebanyakan mahasiswa, dan para komunitas yang cepat mengakses informasi. Mereka beli cepat,” ucapnya.

Selain promo tiket murah, Stasiun Malang juga turut memperingati HUT KAI pada 28 September 2016 mendatang dengan mengadakan aksi donor darah pada Senin 26 September 2016 besok.