Tiket Kereta Api untuk Arus Balik di Lubuklinggau Habis Terjual

Aida Suryanti, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang - rayapos.com
Aida Suryanti, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang - rayapos.com

Palembang – Hingga H+8 kelas terpantau telah ludes terjual. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa masih menjadi moda favorit warga Lubuk Linggau, Sumatra Selatan. Pasalnya jumlah yang memakai jasa di Lubuklingggau juga menunjukkan kenaikan dibanding hari biasa.

“Hari ini (30/6) diprediksi sebagai puncak arus balik,” ujar Aida Suryanti, Manajer Humas (KAI) Divre III Palembang, Jumat (30/6) seperti dilansir Tempo.

Aida mengungkapkan bahwa arus balik penumpang KA terpantau mulai ramai sejak Kamis lalu atau H+3 Lebaran. Sejumlah ekonomi seperti KA Ekonomi Serelo jurusan Kertapati-Lubuklinggau (PP) dan KA Ekonomi Rajabasa jurusan Kertapati-Tanjungkarang sudah habis terjual hingga H+8 Lebaran.

Senada, Kepala Stasiun Lubuklinggau, Anton Timur Raya menuturkan bahwa penumpang kereta api selama arus balik di Stasiun Lubuklinggau mengalami peningkatan. Tiket KA Serelo pun habis terjual sampai tanggal 6 Juli 2017. “Sekarang sudah full. Untuk KA Serelo 530 tempat duduk sudah habis. Begitu juga sebaliknya dari Stasiun Kertapati Palembang menuju Stasiun Lubuklinggau juga sudah habis,” tutur Anton.

Di samping itu, KA Sindang Marga kelas bisnis dan juga banyak peminatnya. Untuk keberangkatan tanggal 1 Juli hanya tersisa sekitar 6 kursi saja. Lonjakan penumpang diperkirakan berlangsung pada Minggu (2/7) malam seiring dengan berakhirnya libur Lebaran.

“Apalagi hari Senin (3/7) Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah masuk kerja. Jadi kemungkinan puncak arus balik KA Sindang Marga dari Stasiun Lubuklinggau menuju Stasiun Kertapati Palembang terjadi pada Minggu malam, begitu juga sebaliknya,” papar Anton.

Sampai tanggal 28 Juni 2017 lalu (H+2), total penumpang yang berangkat adalah 44.318 orang. Sementara itu saat Hari Raya Idul Fitri tanggal 25 dan 26 Juni 2017 jumlah keberangkatan penumpang mencapai 6.741 orang. Sedangkan pembelian tiket sampai 28 Juni 2017 mencapai 70 persen dari jumlah kursi yang disediakan.