Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Sejak Awal Maret 2019

Stasiun Kota Baru Malang - jatimnow.com
Stasiun Kota Baru Malang - jatimnow.com

Malang – Para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman pada momen Idul Fitri 2019 bisa melakukan api untuk sejak bulan Maret 2019 mendatang. Tiket mudik Lebaran ini bisa dipesan mula awal bulan Maret depan.

“Sesuai kebijakan PT KAI, tiket bisa dipesan H-90 sebelum keberangkatan. Jika Lebarannya awal Juni, tiketnya yang bisa dibeli mulai tanggal 5 Maret pukul 00.00,” ungkap Kepala Kota Baru Malang Radne Anyarso Tulad, Senin (11/2), seperti dilansir Malangpost.

Lebih lanjut Radne mengatakan, guna mengantisipasi lonjakan pada momen mudik Lebaran yang akan datang, pihak PT Indonesia (KAI) pun telah mempersiapkan sejumlah tambahan. Akan tetapi sampai sekarang ini Radne masih belum dapat mengonfirmasi secara pasti berapa kuota tempat duduk yang akan disediakan. “Pasti ada tambahan, jumlahnya minimal seperti Lebaran tahun kemarin. Tetapi bisa saja bertambah karena setiap tahun target kita tambah tinggi,” papar Radne.

Hal ini juga sesuai dengan target dan prediksi penumpang KA pada momen Lebaran yang akan datang. Namun hingga kini pihaknya masih menunggu informasi dari pihak pusat. “Belum bisa diprediksi jumlahnya, biasanya kalau sudah ada informasi dari pusat, kita baru bisa breakdown,” ucap Radne.

Ia pun menambahkan, ketika momen Lebaran atau hari besar lainnya, jumlah penumpang kereta cenderung lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa. “Kalau pada hari biasa, jumlah penumpang sekitar 4 ribu orang, kalau akhir pekan bisa 6 ribu orang. Sedangkan saat momen natal dan tahun baru lalu bisa dua kali lipatnya,” jelas Radne.

Adapun untuk persiapan teknis menjelang arus mudik dan balik Lebaran, pihaknya pun bakal melakukan pengamanan, penambahan petugas medis sampai pemeriksaan jalur kereta. “Masih sama seperti lebaran biasanya. Kalau untuk mempercantik stasiun yang selama ini kita lakukan merupakan program kepala Daops,” bebernya.

Juru Bicara PT KAI Pusat, Agus Komaruddin menambahkan, tiket kereta jurusan favorit seperti -, -Yogyakarta, -Solo Balapan, -Malang, -Semarang, dan -Purwokerto kemungkinan akan banyak diburu oleh calon pemudik. “Untuk kapasitas angkut KA reguler, berapa angka pastinya, belum bisa dirilis, pasalnya kami tengah mengupdate-nya, mengingat tahun ini kami bakal kedatangan rangkaian kereta baru dari PT INKA,” beber Agus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*