Tiket Kereta Ekonomi Medan-Tanjung Balai Habis Terjual, Tiket Rute Mana yang Masih Tersedia?

Sapto Hartoyo, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut - hariansemarangbanget.blogspot.co.id
Sapto Hartoyo, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut - hariansemarangbanget.blogspot.co.id

Medan rute Medan-Tanjung Balai untuk 2018 dilaporkan telah habis terjual. Setidaknya sekitar 65% tiket di Medan, Sumatra Utara ke beberapa tujuan sudah ludes terjual. Oleh sebab itu masyarakat yang ingin mudik naik diimbau untuk segera membeli tiket.

“Kereta api ekonomi jurusan Medan-Tanjung Balai dari tanggal keberangkatan 13 Juni hingga 16 Juni 2018 sudah habis tiketnya,” ujar Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut, Sapto Hartoyo, Jumat (25/5), seperti dilansir Republika.

Demikian pula untuk arus balik, tiket KA ekonomi jurusan Tanjung Balai-Medan juga telah habis. Kereta jurusan tersebut telah full booking sejak tanggal 17-20 Juni 2018. “Sementara untuk kereta api jurusan yang sama dengan kelas dan eksekutif masih tersedia saat arus mudik dan arus balik,” katanya.

Tak hanya rute Tanjung Balai-Medan saja, rute lain seperti Medan-Kisaran dan Medan-Pematang Siantar pun sudah full booking. Menurut Sapto pemesanan tiket kereta ekonomi untuk sejumlah jurusan tersebut telah ramai sejak sebelum bulan Ramadan. Sementara itu, tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif masih tersedia.

“Untuk tiket kereta bisnis dan eksekutif jurusan Medan-Tanjung Balai dan Medan-Rantau Prapat, saat ini masih banyak tersedia. Ini tersedia karena tiket lebih mahal, sehingga tak banyak dipilih untuk mudik,” kata Sapto.

“Ada kebiasaan warga di Sumut, terutama Medan, yang hendak mudik itu melakukan pemesan tiket menjelang keberangkatan. Kami imbau calon segera melakukan pemesanan. Nggak perlu lagi ke , bisa dari online atau aplikasi KAI Access dan pihak eksternal lain,” sambung Sapto.

Pada tahun ini, masa Lebaran telah ditetapkan mulai tanggal 5-26 Juni 2018. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut telah membuat rencana antisipasi lonjakan penumpang dengan menambah rangkaian gerbong. Penambahan tersebut dilakukan apabila terjadi kenaikan jumlah penumpang.

“Untuk perkiraan kenaikan jumlah pemudik dari tahun 2017 ke 2018 ini, ada kenaikan 2 persen. Tahun 2017 jumlah pemudik menggunakan kereta api 282.330 orang dan di tahun ini, 286.621 tiket yang disiapkan,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*