Tingkatkan Less Cash Society, PT KAI Kerjasama dengan 6 Bank

kai
Penandatangan MoU di Hari Ini (foto: detik.com)

Medan – Penandatanganan MoU antara Commuter Jabodetabek () dan PT Railink dengan enam , yaitu Mega, BNI, BRI, BCA, Mandiri dan DKI berlangsung hari ini di Besar Medan. Dalam MoU tersebut tertuang kesepakatan penyediaan e-ticketing oleh keenam bank. Keenam bank ini nantinya akan melayani e-ticketing untuk kereta api Kuala Namu dan Commuter Line Jabodetabek yang di kelola .

Penandatangan tersebut disaksikan langsung oleh Ronald Waas selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia. Kostaman Thayib selaku Direktur Utama mewakili Bank Mega, BNI diwakili oleh Darmadi Sutanto selaku Direktur Konsumer dan Ritel , BRI oleh Toni Soetirto selaku Direktur Konsumer, BCA di wakili oleh Henry Koenaifii selaku direktur, Sunarso selaku Direktur Commercial & Business Banking mewakili Bank Mandiri dan Bank DKI oleh Eko Budiwiyono. PT KAI sendiri diwakili oleh Kurniadi Atmosasmito selaku Direktur Keuangan KAI dan Ignatius Tri Handoyo selaku Direktur Utama PT KCJ, sedangkan PT Railink diwakili oleh Direktur Utama, MN Fadhil.

Kurniadi Atmosasmito mengatakan, “Kesepakatan ini merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada calon . Cukup menggunakan kartu dari bank pada ticket vending machine, maka dapat diperoleh, terbebas dari antrean.”

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menyatakan, sistem yang menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) sejalan dengan roadmap Bank Indonesia untuk meningkatkan jumlah less cash society di Indonesia. Nantinya, calon penumpang pemilik kartu kredit, debit maupun pre-paid dapat memperoleh tiket dari mesin tiket yang didukung bank-bank tersebut. Sistem ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto juga menyatakan, penandatanganan MoU ini akan memperkokoh kerjasama yang telah terjalin antara BNI dan PT KAI. Selama ini, BNI telah menjadi mitra KAI untuk pelayanan transaksi e-ticketing KA Pramex jurusan Jogja-Solo.

“BNI juga menerbitkan BNI Prepaid Rail Card, kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membeli tiket kereta dan berbelanja di merchant-merchant berlogo BNI,” imbuh Darmadi.

Penandatanganan MoU tersebut ditutup dengan uji coba kereta api yang dioperasikan PT Railink menuju Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) oleh seluruh rombongan yang hadir.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur