TransJakarta Tidak Jadi Naik, Angkutan Umum Lain 500 – 1000 Rupiah

– Pasca kenaikan tidak sedikit yang ikut mengalami kenaikan tarif. Mengikuti penetapan tarif baru , Pemprov DKI Jakarta berencana menaikkan tarif . Namun pagi ini membatalkan rencana kenaikan tarif dari Rp 3500 menjadi Rp 5000 per orang itu.

“Setelah kemarin kita kalkulasi, TransJakarta tidak akan naik. Tarifnya tetap Rp 3500 per orang,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari ini.

Alasan pembatalan kenaikan tarif tersebut terkait dengan kelanjutan program mengalihkan moda tranportasi dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Selama ini TransJakarta dinilai berhasil, namun bila tarifnya dinaikkan dapat beresiko terhadap penambahan kemacetan lalu lintas di Jakarta.

“Kan kita mendorong masyarakat ke trasportasi massal. Kalau tarif TransJakarta dinaikan, warga bisa kembali ke kendaraan pribadi,” jelas Jokowi lagi.

Jokowi juga meminta pada pihak TransJakarta untuk mengefisiensikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan agar tidak terjadi pembengkakan biaya. Menurutnya pengelola sudah menyatakan kesanggupan mereka untuk mengefisiensikan besaran biaya-biaya yang akan dikeluarkan.

Untuk tarif angkutan umum Jakarta yang lain, Joko Widodo memutuskan kenaikan rata-rata Rp 500 – Rp 1000.

metromini
Angkutan Umum Jakarta (foto: detik.com)

“Dalam rangka penyesuaian tarif angkutan umum di DKI, telah dilaksanakan rapat membahas penyesuaian tarif angkutan,” ujar Kadishub Pemprov DKI Jakarta Udar Pristono dalam keterangan tertulisnya. Rapat tersebut dilaksanaan kemarin dan telah diambil keputusan penyesuaian tarif yang akan diusulkan ke DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Rincian keputusan kenaikan tarif angkutan umun Jakarta antar lain:

  1. Bus kecil : dari Rp 2.500 menjadi Rp 3.000
  2. Bus Sedang : dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000
  3. Bus Besar Reguler/Patas : dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000

Siang ini usulan kenaikan tarif versi Pemprov DKI Jakarta akan diserahkan pada DPRD DKI Jakarta melalui dinas perhubungan. Selanjutnya akan dibahas dan hasil dari keputusan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk SK Gubernur mengenai penerapan tarif kendaraan.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur