Tren Mudik dialihkan ke Kereta Api, Fasilitas Angkut Motor Gratis via Kapal Dihapus

Jakarta – Kementerian Perhubunganmemutuskan untuk menghapus angkut di kapal laut. Keputusan ini akan diberlakukan secara efektif pada masa Angkutan 2016, yang dimulai pada 24 Juni-17 Juli 2016.

Sebagai gantinya, angkutan sepeda motor gratis untuk lebaran tahun ini akan diselenggarakan menggunakan moda .

“Peran yang selama ini yang dilaksanakan oleh moda laut dalam menyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis telah digantikan oleh moda kereta api,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub J.A Barata, Selasa (12/4).

Untuk menyiasatinya, Barata menerangkan bahwa kapasitas daya angkut kereta api untuk kegiatan gratis bagi pemotor pada Lebaran tahun ini ditingkatkan hingga 15.000 unit.

“Meskipun yang diangkut gratis oleh kereta api hanya sepeda motornya saja, tetapi kenaikannya nyaris 3 kali lipat dari Lebaran 2015 lalu,” terangnya.

Disampaikan pula, Kemenhub saat ini tengah menggodok rencana angkutan sepeda motor gratis menggunakan truk untuk para bus yang masih dalam tahap perencanaan.

“Seluruh persiapan mudik kali ini merupakan bagian dari konsentrasi Menteri Perhubungan Iganisus Jonan, terkait peningkatan kualitas jasa bagi masyarakat, dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan,” pungkas Barata.