Tren Pemesanan Tiket Kereta Api Online Meningkat Tiap Tahun

cetak-tiket-mandiri

rupanya tetap menjadi salah satu sarana transportasi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari meningkatnya tren pemesanan secara online tiap tahunnya berdasar data yang dihimpun PegiPegi dari Google Trend.

“Tingginya antusiasme pada masa periode 21 hingga 30 September 2016 lalu, menjadikan pegipegi sebagai salah satu mitra PT Kereta Api Indonesia () dengan penjualan tiket terbanyak. Selama 10 hari tersebut, terjadi kenaikan transaksi mencapai 1000 persen,” ujar Public Relations & Media Officer PegiPegi, Devi Agustina.

Dalam periode tersebut rupanya ada tren menarik dari kalangan traveler pengguna jasa kereta api. Para pengguna kereta api ternyata lebih senang memesan tiket secara dadakan. Terbukti dari data booking yang menunjukkan bahwa lebih dari 20.000 pelanggan, 47% di antaranya lebih senang memesan tiket KA 3 hari sebelum tanggal keberangkatan, bahkan ada pula yang membeli saat hari keberangkatan.

“Meski begitu, ternyata juga tidak sedikit yang memesan tiket untuk keberangkatan dua hingga tiga bulan ke depan. Terbukti sekitar 18 persen pelanggan melakukan booking untuk liburan di akhir tahun ini,” bebernya.

Berdasarkan data transaksi, ada 5 kota yang difavoritkan para pengguna kereta api untuk liburan akhir tahun, yaitu Jakarta, , Surabaya, , dan . Sementara itu, untuk kelas rupanya KA kelas Ekonomi lebih unggul dengan 56,77% peminat, kemudian eksekutif dengan 28,56% peminat, dan kelas bisnis 14,67% peminat.

“Menyambut libur akhir tahun sekaligus mendukung PT KAI dalam rangka shifting dari pembelian tiket kereta secara online, pegipegi sebagai salah satu penyalur tiket kereta api menghadirkan spesial akhir tahun khusus bagi pengguna jasa kereta api,” tutupnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.