Tugu Perjuangan Bekasi Rencananya akan Digeser Untuk Proyek DDT

Jakarta – Tugu Perjuangan Kali yang berada di Jalan Ir H Djuanda, Selatan, Kota , Jawa Barat rencanya akan digeser oleh . Penggeseran ini dilakukan untuk perluasan double double tack atau yang lebih dikenal dengan DDT.

rel ‘double-double track’ (DDT) yang menghubungkan Manggarai-Bekasi ini membutuhkan perluasan lahan, sebab akan dipasang empat rel di lokasi tersebut,”ungkap Hariyanto, Kepala Bekasi kepada republika.

Hariyanton menjelaskan bahwa Tugu Perjuangan Kali Bekasi ini akan digeser sepanjang 4 meter dari posisi atau lokasi tugu perjuangan sekarang. Tugu perjuangan ini merupakan monumen perjuangan rakyat Bekasi saat perang kemerdekaan masa lalu.

“Rencananya akan kita geser mendekati bahu jalan,” ujarnya.

Hariyanto juga mengungkapkan bahwa pihaknya menghormati nilai – nilai sejarah yang dimiliki tugu tersebut. Tugu perjuangan tersebut telah berdiri sejak tahun 1955. Karena hali ini PT KAI juga mengupayakan pemindahan tugu tidak terlalu jauh dari lokasi semula.

Tugu banyak sejarahnya. Proses pemindahan pun kita upayakan tidak akan sampai mempengaruhi nilai sejarah,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan penggeseran tugu perjuangan ini masih menunggu surat perintah dari Bekasi.

Pihaknya juga berharap untuk rencana penggeseran tugu perjuangan untuk proyek DDT ini mendapat persetujuan dari para tokoh masyarakat dan juga sejarahwan daerah setempat.

“Izinnya ada pada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Pemindahan tugu kita lakukan apabila sudah ada perintah dari kepala daerah. Kami tidak ingin rencana ini menjadi perdebatan di tengah masyarakat di kemudian hari,” ungkapnya.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.