Tunggu Izin Presiden SBY, Monorel Rute Bekasi, Cawang, Cibubur, Kuningan Tertunda

JAKARTA – Rencana konsorsium BUMN pimpinan untuk dapat membangun dengan rute Bekasi- Cawang, Cibubur – Cawang dan Cawang – Kuningan masih menunggu restu dan izin dari Presiden SBY. monorel Cawang ini akan menelan dana hingga Rp 8 triliun.

“Perizinan monorel tadi, maunya saya antara kuartal III atau IV tahun 2013 itu sudah jalan, tetapi Perpres (Peraturan Presiden) sampai sekarang belum ada. Kita tunggu itu, karena keputusan resminya ada di tangan pusat. Kita tidak bisa membangun tanpa Perpres,” jelas Kiswodarmawan, Direktur Utama Adhi Karya.

Kiswo mengungkapkan rute yang akan dibangun ini menghubungkan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,1 km, Cibubur-g 13,7 km, dan Cawang-Kuningan 7,17 km. Total panjang ketiga rute tersebut mempunyai panjang 39,03 km.

Dalam hal pendanaan, telah siap berkomitmen untuk memberikan sejumlah dana pinjaman untuk proyek bersama BUMN ini.

Untuk masalah kereta PT Adhi Karya telah berkerja sama dengan BUMN pembuat kereta yaitu . Selain INKA, juga telah siap membantu proyek ini.

Kiswo berharap tahun depan proyek ini bisa berjaan dengan harapan Peraturan Presiden telah dikeluarkan. Pihaknya juga telah mentargetkan untuk pembangunan monorel lain seperti rute di Doekarno Hatta dan monorel kontaier di Pelabuhan Tanjung Perak Suarabay.

“Ini lini bisnis kami ke depan, monorel? Kami akan kejar tahun depan. PT INKA terus melakukan pengembangan kereta dan PT LAN juga bersiap untuk tugasnya. Kita sudah menyepakati komitmen yang sangat kuat untuk pembangunan proyek ini,” tuturnya.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.