Untuk Keamanan Lebaran, Daop VI Siapkan 763 Personel

SOLO – Hal terpenting bagi penumpang (KA)adalah keamanan dan kenyamanan. KPT KAI Daop VI Yogyakarta telah menyiapkan sebanyak 763 personel untuk mengamankan kereta Lebaran. Sebanyak 509 personel keamanan internal polisi khusus (Polsuska) dan petugas satuan pengaman (Satpam) dan juga 254 personel gabungan dari TNI dan Polri

Jajaran direksi juga melakukan pemeriksaan dan pembinaan kepada beberapa assisten manager di Daop VI Yogyakarta. Beberapa arahan yang diberikan adalah pentingnya faktor keamanan, informasi, dan pemberian kepada para penumpang.

Sementara itu Jebres yang vakum selama beberapa bulan, rencananya  akan mulai diaktifkan kembali. Senja Bengawan relasi Solo- yang awalnya berangkat dari Stasiun Purwosari, mulai 7 Juli akan diberangkatkan dari Jebres.

Begitu juga dengan seluruh kereta lokal jarak pendek, , seperti KA Pramek dan KA Madiun Jaya yang awalnya berangkat dan berhenti di Stasiun Balapan, juga akan dipindah ke Jebres di tanggal yang sama.

Kepala Stasiun Jebres Wagimin mengungkapkan,”Selama vakum, Stasiun Jebres hanya dilewati kereta api kereta api Matarmaja, Brantas relasi -Pasar Senin (Jakarta),” ketika ditemui di kantornya.

Di Jakarta Jasa Raharja juga menyiapkan tiga kereta api untuk melaksanakan program gratis ke 64 kota. Ditargetkan program itu dapat menumpang 30.648 pemudik motor. Seperti yang diungkapkan Budi Setiyarso Direktur Utama Jasa Raharja di kantornya, Jakarta, pada Senin (22/06/2015),

Sedangkan  tiga kereta api akan diberangkatkan dari Jakarta pada 12 Juli. Dan kembali ke Jakarta pada 25 Juli 2015. Pendaftaran ini secara dua tahap. Pertama, melalui layanan pesan pendek (SMS) dan sistem yang telah dibuka  pada 30 Mei lalu. Dan yang kedua, datang ke Gedung Nyi Ageng Serang, Jalan H.R Rasuna Said Kav. C-22, mulai tanggal 24 hingga 28 Juni 2015.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.