Usai KA Banyuwangi-Cilacap Beroperasi, Diusulkan KA Relasi Jember-Jakarta

KA Wijayakusuma - facebumen.com
KA Wijayakusuma - facebumen.com

JEMBER – Per tanggal 1 September 2018 kemarin, PT Indonesia (PT KAI) DAOP 9 Jember memberangkatkan KA Wijayakusuma Banyuwangi-Cilacap secara perdana. Ke depannya, otoritas setempat mengusulkan untuk melakukan penambahan kereta api langsung dari Jember menuju , mengingat yang terus meningkat.

“Setelah KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap beroperasi, ke depan kami juga mengusulkan kereta api dengan langsung dari Jember menuju Jakarta, dan usulan itu masih dikaji PT KAI pusat,” jelas Vice President PT KAI DAOP 9 Jember, Heri Siswanto, dilansir Antara. “Penambahan tersebut bisa memiliki dua opsi, yaitu tambahan kereta baru atau operasional kereta reguler yang sudah diperpanjang hingga ke Jember.”

Heri melanjutkan, selama ini penumpang dari Stasiun Jember harus pindah kereta dan membeli terusan untuk bepergian ke Jakarta, sehingga terkadang menyita waktu yang agak lama di Stasiun Pasar Turi Surabaya. Ia pun berharap ada kereta api baru yang melayani rute Jember-Jakarta karena banyak warga setempat yang bekerja dan merantau di ibukota.

Tanggal 1 September kemarin, PT KAI DAOP 9 Jember resmi meluncurkan KA Wijayakusuma yang melayani rute Banyuwangi-Yogyakarta-Cilacap dengan waktu tempuh sekitar 17 jam. Peluncuran kereta api ini sebagai respons atas animo masyarakat di sepanjang rute Banyuwangi-Yogyakarta. Sebelumnya, selama ini baru satu rangkaian kereta api yang melayani rute tersebut, yaitu KA Sri Tanjung.

“Selama ini banyak permintaan dari masyarakat untuk KA rute Banyuwangi-Yogyakarta dengan kelas lebih tinggi, yaitu eksekutif. Sementara, KA Sri Tanjung hanya kelas ,” lanjut Heri. “Ini ditambah dengan eksekutif, sehingga ada empat kereta, dengan rincian tiga premium dan satu kelas , yang kelasnya lebih tinggi dari KA Sri Tanjung.”

Rangkaian KA Wijayakusuma terdiri atas empat gerbong eksekutif dengan kapasitas 200 tempat duduk dan tiga gerbong premium berkapasitas 192 tempat duduk. Kereta ini berangkat dari Stasiun Banyuwangi pada pukul 11.05 WIB dan dari Cilacap pukul 14.00 WIB. Selama masa promo, PT KAI mengenakan Rp220.000 per orang untuk rute ini.