Volume Penumpang KRL Selama November 2020 Tembus 7,2 Juta Orang

Suasana penumpang KRL - kompas.com

Jakarta – Di tengah masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melaporkan volume penumpang harian kereta rel listrik () selama periode tanggal 1-19 November 2020 mencapai 7.283.726 orang. Jumlah itu naik 22% dari periode yang sama bulan lalu dengan rata-rata harian penumpang hanya sebanyak 400 ribu orang per hari.

“Setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan 997 KRL dengan waktu operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB. Di hari kerja, persebaran pengguna masih terfokus pada pukul 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB, selain di waktu tersebut KRL nampak lebih lengang dan tidak ada antrean penyekatan pengguna,” ucap Vice President Corporate Communication Anne Purba, Jumat (20/11), seperti dilansir Kontan.

Lebih lanjut Anne mengimbau agar para penumpang KRL bisa memanfaatkan perjalanan commuter line di luar waktu-waktu sibuk, sehingga dapat lebih nyaman dalam melakukan perjalanan dengan KRL. Penumpang juga dapat mengatur waktu perjalanannya dengan melihat , posisi real time kereta, dan kondisi antrean di lewat KRL Access. “Pengguna juga diimbau untuk mempersiapkan KMT, kartu uang bank, maupun kode QR dengan saldo yang cukup sehingga saat tiba di stasiun tidak perlu mengantre,” imbuh Anne.

Pihak KAI Commuter juga berharap supaya para pengguna jasa dapat bekerja sama untuk mengatur waktu perjalanan, sehingga tak terjadi kepadatan pada waktu-waktu tertentu serta tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Di samping itu, memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, para penumpang diminta menyiapkan perlengkapan tambahan, seperti jas hujan, jaket, payung, dan memakai sepatu yang tidak licin agar mobilitasnya lebih nyaman.