Wakil Menteri Perhubungan Berencana Aktifkan Lagi KA Perkotaan

– Untuk menghidupkan kembali , Menteri Perhubungan berencana mengaktifkan kembali jalur kereta yang sempat mati di , rencana ini diikuti oleh rencana yang sama di kota besar lainnya.

Jalur (KA) yang cukup lama terbangkalai di beberapa kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, Denpasar, Medan dan Bodetabek akan segera diaktifkan kembali. Kebijakan ini d lakukan untuk menciptakan sistem massal yang lebih baik di kota-kota besar tersebut, yakni menghidupkan kembali KA Perkotaan.

Kebijakan tersebut dikemukakan langsung oleh Bambang Susantono, , setelah mengikuti sebuah seminar di Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/10/2013).

“Tujuannya untuk mengurangi kemacetan dan menciptakan sistem transportasi massal yang lebih baik di perkotaan,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, selain moda transportasi berupa KA perkotaan, pihaknya juga akan terus meningkatkan jumlah transportasi massal berbasis bus.

“Keduanya baru sebagian kecil dari upaya mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas di perkotaan. Diperlukan satu langkah yang jauh lebih besar,” imbuhnya.

Bambang juga mengungkapkan bahwa dibutuhkan sebuah pembauran dari beberapa kebijakan untuk mengatasi kemacetan yang menjadi masalah besar di perkotaan. Sebab, menurut Bambang, kemacetan melibatkan banyak aspek lain.

“Mulai dari persoalan tata ruang sampai dengan kebijakan pembatasan kendaraan pribadi. Kalau cuma tambah MRT saja tidak akan cukup,” tegas Bambang.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur