Walikota Jogja Siap Komunikasi Keluhan Asongan Stasiun Lempuyangan kepada KAI

Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta foto:Dephub

Koordinator AJB Anto Yuniarto mengatakan, keinginan para sebenarnya hanya tetap berjualan di Lempuyangan. Bagi mereka, pekerjaan itu menjadi satu-satunya mata pencaharian mereka. Untuk itu AJB meminta wali kota mengkomunikasikan dan memperjuangkan harapan mereka. “Saat ini cuma Pak Wali yang kami anggap sebagai bapak kami, yang bisa memperjuangkan hak-hak kami,” ujar Anto.

Menurut Anto, para pengasong di sebenarnya mau ditata, seperti halnya yang dilakukan kepada para pengasong di . Anto juga menegaskan siap untuk membayar iuran ke . Mereka mengaku, sepekan setelah Lebaran dilarang PT untuk berjualan di dalam stasiun. “Padahal kami sudah mengikuti permintaan KAI, kami tidak ada yang berjualan di atas kereta,” ungkapnya.

Menanggapi permintaan AJB, HS berjanji akan berkomunikasi dengan pengelola Stasiun Lempuyangan maupun Jogja untuk mencari solusi. Diakui, meski larangan ini diberlakukan secara nasional, pihaknya berharap tetap ada toleransi, seperti halnya yang dilakukan di Stasiun Tugu. “Ini kewenanganya PT KAI, tapi nanti akan saya coba komunikasikan agar para pengasong ini bisa diberdayakan,” tuturnya.

Menurut HS, keberpihakannya bukan berarti menentang peraturan dari PT KAI. Para pengasong tetap diminta supaya bisa mematuhi aturan dari PT KAI dengan tidak berjualan di atas gerbong dan menjaga kebersihan. Terlebih para pengasong ini juga merupakan kecil dengan modal yang terbatas. “Akan saya usahakan betul, mereka ini kan rakyat kecil, modalnya juga tidak banyak,” jelasnya. [YUD/JP]

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.