Daftar Kereta Api Terpanjang Di Dunia

Kereta api terpanjang: Leigh Creek Coal Train

merupakan alat yang banyak digunakan di seluruh dunia. Jenis kereta api juga ada banyak antara lain kereta dan kereta pengangkut barang. Kereta memiliki berbagai keunikan tersendiri. Diantaranya yaitu kecepatan kereta api, panjang kereta api dan jarak tempuh kereta api.

Berikut adalah beberapa tentang beberapa kereta api terpanjang yang ada di dunia:

Kereta api penumpang terpanjang di dunia yang tercatat di guinness world of records adalah Kereta penumpang yang dibuat oleh Perusahaan Kereta Nasional Belgia (NMBS). Kereta ini memiliki panjang yang diukur 1732.9m (5685.3 kaki) dan terdiri dari 70 yang ditarik oleh satu listrik. Kereta ini berkeliling sejauh 62.5km (38.9miles) dari Ghent ke Ostend pada 27 April 1991.

Kereta tersebut adalah kereta sekali buat  dalam rangka amal penelitian kanker Belgia yang disebut ‘Kom op tegen kanker’ yang berarti berjuang melawan kanker. Perjalanan tersebut disiarkan secara langsung di televisi Belgia. Itu kereta ini memililki berat 2,786 ton dan melakukan perjalanan dalam 1 jam 11 menit dengan kecepatan rata-rata 52.8 km/h (32,8 mph).

Penumpang yang ikut naik kereta api sejumlah 216 orang, yang terdiri dari empat pelatih internasional, seorang pelatih menari, 60 pelatih Nasional dan lima mengemudi trailer. Kereta tersebut dibongkar setelah acara tersebut usai namun telah resmi tecatat sebagai kereta api yang mengangkut penumpang terpanjang di dunia.

Selain kereta api asal Belgia tersebut, kereta api terpanjang juga ditemui dengan panjang mencapai 3 kilometer. Kereta tersebut adalah Kereta Api Leigh Coal Creek. Kereta ini ditarik oleh lokomotif di salah satu ujungnya dengan kecepatan tidak lebih dari 80 kilometer/jam. Tiga lokomotif digabungkan bersama-sama menarik sekitar 160 gerbong yang sarat dengan batubara menempuh jarak 250 kilometer ke pembangkit listrik Port Augusta di Australia setiap hari.

Ada lagi kereta tepanjang dari . Kereta ini menarik gerbong-gerbong yang mengangkut material-material yang termasuk material berbahaya  dengan panjang mencapai 2,7 kilometer.

Sementara itu, di Indonesia terdapat kereta api dengan jarak tempuh terpanjang yang tercatat dalam rekor MURI yaitu kereta di . Pertama dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia, angkutan (barang) dengan kereta api dengan jarak tempuh terpanjang, 1.060 km, dari Nambo () sampai stasiun dijalankan pada hari Rabu, 2 Juli 2014 pukul 17:30 WIB.

Rangkaian kereta api ini membawa 20 gerbong datar yang mengangkut semen Tiga Roda dari gudang pabrik PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) di Nambo (Citeureup, Bogor) ke gudang distribusi di Banyuwangi. Atas prestasi ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkannya sebagai angkutan kereta api dengan jarak tempuh terpanjang dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.

1 Comment

Komentar ditutup.